MULTIMEDIA INTERAKTIF

Disebut multimedia dikarenakan bahwa media ini memiliki unsur audio-visual (termasuk animasi). Disebut interaktif karena media ini dirancang dengan melibatkan respon pemakai secara aktif.

media interaktif merupakan kelompok pilihan media teknologi mutakhir. Media teknologi mutakhir sendiri dibedakan menjadi

(1) media berbasis telekomunikasi, misal teleconference, kuliah jarak jauh, dan

(2) media berbasis mikroprosesor, misal computer-assistted instruction, permainan komputer, sistem tutor intelejen, interaktif, hypermedia, dan compact (video) disc.

Media interaktif sesungguhnya muncul saat konsumen bisa melakukan tindakan aktif dengan media yang disajikan. Semakin banyak elemen yang bisa diinteraksikan dengan konsumen, maka semakin banyak pengalaman yang dirasakan konsumen melalui media tersebut. Bila pengalaman yang dirasakan itu bisa direlasikan dengan tema kampanye brand, konsumen akan semakin banyak pula merasakan pengalaman interaktif dengan brand tersebut.

Media interaktif, suatu jenis media kolaboratif, mengacu pada media yang memungkinkan partisipasi aktif oleh penerima dan pengirim (interaktif).

Teori informasi tradisional akan menggambarkan media interaktif orang-orang sebagai media yang membangun komunikasi dua arah.

Dalam teori media,media interaktif dibahas sepanjang implikasi budaya mereka.

Bidang interaksi manusia-komputer berkaitan dengan aspek-aspek interaktivitas dan desain di media digital.Daerah lain yang berhubungan dengan media interaktif adalah seni media baru,iklan interaktif,dan video game produksi.

Sementara banyak media analog tradisional,elektronik,dan media cetak memenuhi syarat sebagai media interaktif.Istilah ini kadang-kadang disalahpahami eksklusif sama untuk media digital..Peningkatan kemungkinan yang signifikan untuk interaktivitas (terutama untuk jarak yang luas) yang dibawa oleh internet meningkatkan ketersediaan media interaktif digital.Tetap saja,misalnya bahasa di muka-muka komunikasi akan secara resmi termasuk dalam kategori media interaktif.

Media interaktif sering dirancang oleh perancang informasi.Karena semua media mereka bergantung pada komunikasi.Dalam kasus misalnya permainan komputer ini visual,akustik,dan haptic komunikasi antara pengguna (pemain) dan permainan.Dalam telepon selular,komunikasi terjadi antara dua orang dan akustik murni pada pandangan pertama.Namun,menurut teori media,implikasi budaya media harus diperhitungkan. Dengan demikian,aspek-aspek seperti ketersediaan konstan,kustomisasi dari telepon selular dan Short Message Service juga bagian dari media interaktif yang disebut telepon selular.Media menahan dari yang diterjemahkan ke entitas teknologi.

Segala bentuk antarmuka antara pengguna akhir / penonton dan menengah dapat dianggap interaktif. Media interaktif tidak terbatas pada media elektronik atau media digital.Board games,buku pop-up,gamebooks,buku-buku flip dan konstelasi roda merupakan contoh cetak media interaktif.Sederhananya buku dengan daftar isi atau indeks interaktif dapat dianggap disebabkan oleh mekanisme kontrol non-linear dalam medium, tetapi biasanya dianggap non-interaktif karena mayoritas dari pengalaman pengguna non-interaktif membaca berurutan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s